11 December 2023

UIN RM Said Siap Audit ISO 9001:2015 !

SINAR - Terus melaju dalam mempersiapkan diri masuk dalam kancah persaingan di tingkat nasional dan global, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said (UIN RM Said) Surakarta telah dan akan melakukan banyak hal di antaranya dalam hal tata kelola sistem manajemen mutu organisasi yang berstandar internasional. Salah satu tolok ukur akurasi sistem manajemen mutu organisasi yang baik adalah mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015. Yang dimaksud dengan sistem manajemen mutu adalah serangkaian elemen yang saling terkait atau saling berinteraksi untuk menetapkan kebijakan dan tujuan, serta untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Senin (11/12/2023), Tim auditor Surveillance dari TUVRheinland melakukan audit di UIN RM Said Surakarta Kampus Pucangan. Tim yang beranggotakan 2 orang hadir dan diterima oleh Rektor dan Para Wakil Rektor serta Kabiro di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut tim dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN RM Said beserta sejumlah pejabat struktural dan fungsional. "Sedianya audit akan dilakukan sepanjang hari ini karena yang akan diaudit bukan hanya di jajaran pimpinan saja, akan tetapi juga dilakukan secara sampling di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Fakultas Syariah, dan Bidang Kemahasiswaan" terang Hafidah selaku Ketua LPM.

Dalam sambutan menerima Tim Auditor dari TUVRheinland, Rektor UIN RM Said, Prof. Toto Suharto menyatakan bahwa UIN RM Said Surakarta siap untuk menyajikan semua data yang diperlukan untuk keperluan audit hari ini. Terkait dengan program pimpinan saat ini, telah ditetapkan Program Glokalisasi dimana dikatakan sebagai program globalisasi dengan rasa lokal. Program Glokalisasi selaras dengan Rencana Strategi (Renstra) UIN RM Said Surakarta, tambahnya. Untuk mencapai program tersebut, Rektor juga menjelaskan bahwa telah menetapkan nilai perjuangan yang disebut dengan LURIK yang merupakan akronim dari Loyal, Unggul, Responsif, Inovatif, dan Kolaboratif. Rektor juga memaparkan beberapa capaian, yang dimulai dengan perubahan status dari IAIN menjadi UIN. Hal ini perlu dijelaskan karena adanya perubahan status juga berdampak pada perubahan manajemennya juga. Hadirnya para auditor dari TUVRheinland diharapkan bisa memberikan masukan untuk UIN RM Said agar terus melakukan perbaikan kedepannya, ungkap Rektor.

Menanggapi paparan dari Rektor UIN RM Said, Ketua Tim Auditor dari TUVRheinland Heru Subroto yang didampingi oleh Ipnugraha menjelaskan bahwa kehadirannya di kampus ini untuk memverifikasi keefektifan tindakan Audit Mutu Internal (AMI) yang sudah dilakukan dan untuk mengetahui hal itu sudah ditindaklanjuti atau belum. Heru juga menambahkan bahwa sertifikasi ISO digunakan sebagai daya ungkit kampus dalam mendapatkan akreditasi. Oleh karena itu peran LPM disini sangat diperlukan untuk mendorong para Program Studi (Prodi) agar bisa mendapatlkan akreditasi unggul dengan tolok ukur sebagaimana dilakukannya AMI, tambahnya. Selain itu, auditor juga akan menilai kesesuaian sistem manajemen organisasi di kampus ini dengan persyaratan ISO dan peraturan perundang-undangan dari kementerian. Pihaknya juga mengingatkan agar setiap tahun ditetapkan isu internal dan ekternal untuk kemudian menetapkan resiko serta peluang yang akan didapatkan. Sasaran mutu yang berdasar pada perjanjian kinerja pimpinan serta capaiannya dengan SOP (Standar Operation Procedure). Semoga hasil audit ini bernilai efektif terhadap sistem manajemen mutu UIN RM Said Surakarta, pungkasnya. (Tris/Humas) Foto: Nugroho

UIN RM Said Siap Audit ISO 9001:2015 !