14 June 2022

10.962 Calon Mahasiswa Baru Perebutkan 2.104 Kursi Jalur UM-PTKIN di UIN RM Said Surakarta

SINAR- Dari 2.104 kursi yang dibuka dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Jalur Masuk UM-PTKIN di UIN Raden Mas Said Surakarta ternyata menarik perhatian calon mahasiswa hingga 10.962 peminat. Selama 5 hari, 14-18 Juni 2022  dilaksanakan ujian dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring di UIN Raden Mas Said Surakarta.

Antusias para calon mahasiswa untuk bisa melanjutkan studi di UIN Raden Mas Said dari tahun ke tahun memang terlihat selalu meningkat. Peningkatan peminat calon mahasiswa ini harus kita barengi dengan peningkatan kualitas layanan Pendidikan kepada mahasiswa baru nantinya”, tutur Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta. Prof. Mudofir juga melihat statistik peminatan UIN Raden Mas Said Surakarta sebagai peluang untuk membesarkan kuantitas yang dapat mendukung kualitas Pendidikan nantinya.

Tiga program studi yang paling diminati pada jalur UM-PTKIN ini adalah Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah  dan Prodi PSikologi Islam (PI) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.

Dari ribuan peserta tes SSE yang telah melaksanakan tes ujian secara daring ada 3 peserta difabel yang juga mengikuti ujian SSE tanpa menemukan kendala yang berarti. Selanjutnya hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2022 di laman website www.uinsaid.ac.id.

Sementara itu, saat pembukaan SSE UMPTKIN 2022 Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas juga turut hadir di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan disiarkan langsung secara virtual memantau pelaksanaan ujian SSE UM-PTKIN di 58 PTKIN se- Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi pelaksanaan ujian SSE UM-PTKIN tahun ini yang sepenuhnya berbasis daring dengan berbagai inovasi. Hal ini menjadi salah satu langkah yang tidak pernah dilakukan oleh Kemendikbud. Sehingga PTKIN diharapkan dapat mengembangkan inovasi-inovasi lain diberbagai bidang agar menjadi pionir dan membuat para mahasiswa menjadi nyaman berkuliah di PTKIN sebagai destinasi perguruan tinggi yang mereka pilih.

Bagi para calon mahasiswa yang belum dapat berkesempatan melaksanakan ujian jalur UM-PTKIN, harapan masih terbuka dari Jalur Mandiri UIN Raden Mas Said Surakarta yang masih membuka pendaftaran hingga 8 Juli 2022. Segera daftar di https://siakad.uinsaid.ac.id/pmb.php/login/periode. Klik menu info selanjutnya pada laman tersebut untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Semua Program Studi masih dibuka pada SPMB Jalur Mandiri UIN Raden Mas Said Surakarta tahun 2022. (Nughy/Humas)

10.962 Calon Mahasiswa Baru Perebutkan 2.104 Kursi Jalur UM-PTKIN di UIN RM Said Surakarta