31 August 2023

Workshop Peningkatan Pelayanan Kemahasiswaan, Alumni Dan Kerjasama - UIN Raden Mas Said Surakarta

SINAR- Rektor UIN Surakarta, Prof. Dr. Mudofir, S.Ag., M.Pd. Pimpin dan meresmikan acara Workshop yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Prof. Dr. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag. Turut hadir, Kabag Umum dan Akademik, PR. Rudi Hartono, A.KS, Kasub Akademik, Muh Abdurrahman Shaleh, M.Si serta Muntafi'ah, S.E., Sub Koordinator Layanan Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama pada kegiatan Workshop Peningkatan Pelayanan Kemahasiswaan.

    

Kegiatan Workhsop Pelayanan Kemahasiswaan diselenggarakan pada, Rabu, 30 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti perwakilan civitas akademika bagian layanan Akademik dan Kemahasiswaan oleh Sub Koordinator dan staff dari Fakultas yang membidangi layanan kemahasiswaan serta Subag Layanan Akademik c.q Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Rektor UIN Surakarta, berpesan nilai-nilai moderasi dan kebangsaan dapat diterapkan oleh mahasiswa sebagai penerus estafet kepemimpinan. Adapun, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UIN Surakarta menyatakan kegiatan dilaksanakan agar meningkatkan pelayanan Kemahasiswaan serta dengan harapan mahasiswa asing dapat membawa budaya Indonesia (Surakarta) ke negara asal mereka.

Acara diisi dengan pemaparan materi, dari para narasumber di antaranya, Dr. M. Dimyati Huda, M.Ag (Wakil Rektor III IAIN Kediri) dan Dr. Joko Pramono, S.Sos., M.Si (Wakil Rektor III UNISRI). Utama diselenggarakan kegiatan ini sebagai media refleksi diri budaya kerja Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu: Integritas, Profesionlitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan.

Disampaikan beberapa poin pemateri I seperti, outlook mahasiswa yang harus ada sebagai kecakapan diri dikenal dengan (6C) yaitu: character; citizenship; critical thinking; creativity; collaboration & communication, imbuh Joko Pramono. Dilanjut dengan pemateri II, seperti dasar hukum dan latar belakang Peningkatan Pelayanan Kemahasiswaan yang sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi, tambah Dimyati Huda.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab seperti dari Kabag Umum dan Akademik dan Kasub Akademik menanyakan perihal cara pelaksanaan MBKM - Win win solution dalam menghadapi demonstrasi serta kendala bahasa bagi mahasiswa asing. Acara selesai, ditutup dengan foto bersama peserta dan panitia pelaksana. (Nug/Humas)

Kontributor: Amien Rais
Fotografer: Anggara

Workshop Peningkatan Pelayanan Kemahasiswaan, Alumni Dan Kerjasama - UIN Raden Mas Said Surakarta