02 May 2024

Upacara HARDIKNAS 2024 Menjadi Momentum Untuk Membangkitkan Kembali Semangat Para Pahlawan Pendidikan Bangsa Ini

SINAR- Nama Ki Hadjar Dewantara yang telah dikukuhkan oleh Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno adalah salah seorang Pahlawan khususnya bidang Pendidikan di tanah air ini. Setiap tanggal 2 Mei di tetapkan menjadi Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), dan setiap hari itu akan selalu mengenang jasa-jasa Para Pahlawan Pendidikan negara ini. Pada kesempatan ini pula, Kamis (02/05/2024), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas (RM) Said Surakarta, bersama semua Bagian Kampus UIN Surakarta mengadakan Upacara HARDIKNAS 2024. Upacara HARDIKNAS 2024 dijadikan sebuah momentum untuk membangkitkan lagi semangat para Pahlawan Pendidikan Bangsa ini. 

Rektor, saat memberikan sambutan di depan para peserta upacara

 

Rektor, saat memberikan sambutan di depan para peserta upacara

Rektor UIN Surakarta, Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Ag., menuturkan bahwa upacara HARDIKNAS 2024 kali ini menjadi momentum untuk membangkitkan semangat Ki Hadjar Dewantara sebagai salah seorang Pahlawan Pendidikan Bangsa. Bukan lagi hanya semangatnya melainkan lebih dari itu, keadilan belajar, perjuangan, sikap dan juga tutur kata sebagai seorang pendidik juga harus kita jaga.

Upacara HARDIKNAS 2024 yang juga diikuti dan didukung oleh para mahasiswa sangat berarti betul karena kebersamaan semacam ini sangatlah jarang terjadi. Sehingga hal semacam ini membangkitkan lagi gairah memperbaiki bangsa melalu mutu pendidikan. Dengan berpakaian adat, mengingatkan lagi bahwa leluhur kita sangatlah tinggi dan berbudaya. Untuk itulah Rektor UIN Surakarta, Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Ag mengajak seluruh civitas akademika untuk meneladani budaya dan kesetaraan dalam pendidikan. (Humas)

Upacara HARDIKNAS 2024 Menjadi Momentum Untuk Membangkitkan Kembali Semangat Para Pahlawan Pendidikan Bangsa Ini