19 December 2023

UIN RM Said Jalin Kerjasama Dengan Univeritas Iman Syafii Yaman

SINAR - Sejalan dengan Program Glokalisasi yang dicanangkan sebagai Program Besar Universitas Islam Negeri Raden Mas Said (UIN RM Said) Surakarta dalam masa kepemimpinannya, Prof. Toto Suharto selaku Rektor, terus melakukan orkestrasi bersama seluruh civitas akademika. Terus bergerak menuju global, UIN RM Said terus jalin kerjasama dengan semua pihak baik dalam negeri maupun luar negeri.

Selasa (19/12/2023) UIN RM Said kembali melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Univeritas Imam Syafii Hadramut Yaman di Ruang Sidang Fakultas Syariah UIN RM Said Surakarta. Dalam penandatangan MoU tesebut secara langsung oleh Rektor Universitas Imam Syafii Hadramut Yaman Syekh Dr. Muhammad bin Ali Ba'atiyah dan Rektor UIN RM Said. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Rektor Univesitas Imam Syafii dengan Dekan Fakultas Syariah UIN RM Said Surakarta. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama, Dr. Abd. Faisol. Secara umum, kerjasama sama meliputi bidang terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya, Rektor UIN RM Said menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu upaya membawa UIN RM Said menuju ke global. Untuk itu Rektor memberikan apresiasi atas KMO (Koordinasi, Mobilisasi, dan Orkestrasi) yang dilakukan oleh jajaran Dekanat Fakultas Syariah. Harapannya MoU ini akan diikuti dengan MoU lainnya dengan berbagai lembaga dalam maupun luar negeri. Yang lebih penting lagi adalah tindak lanjut dari MoU yang ada, sehingga ada output yang nyata dari kegiatan ini, tambahnya.

Dihubungi setelah melakukan MoA dengan lembaga luar negeri, Dekan Fakultas Syariah Dr. Muhammad Nashirudin menjelaskan bahwa tindak lanjut dari kerjasama ini adalah bersifat mutualisme dimana kedua pihak akan mengambil keuntungan dari adanya MoA ini. Dirinya juga menambahkan bahwa rencana kedepan akan ada semacam exchange baik bagi mahasiswa maupun dosen. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi keduanya, terutama bagi pihak UIN RM Said bahwa Program Glokalisasi bukan hanya slogan semata namun betul-betul dilaksanakan dengan target yang terukur. Nashirudin juga merencanakan setiap tahun akan melakukan MoA dengan pihak lain agar terjadi percepatan gerak laju UIN RM Said menuju global. (Tris/Humas) Foto: Zaenuddin

UIN RM Said Jalin Kerjasama Dengan Univeritas Iman Syafii Yaman