02 May 2024

Pengabdian Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Pengembangan Aplikasi Al Anisiana

SINAR- Selasa, (30/04/2024) Prodi Bahasa dan Sastra Arab melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP IT Al Anis Kartasura. Kegiatan ini diberi judul “Pengembangan Aplikasi Al Anisiana sebagai Bahan Ajar Bahasa Arab Digital”. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keinginan prodi untuk mengembangkan proses pembelajaran dengan integrasi terhadap teknologi di sekolah atau lembaga di sekitar Kartasura yang membutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

  

Kegiatan ini merupakan sosialisasi dari proses pengembangan aplikasi yang telah dilakukan selama satu bulan lamanya. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tim Pengabdian yaitu Dr. Abd. Faishol, M.Hum., yang sekarang menjabat sebagai Wakil Rektor UIN Raden Mas Said bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama.

Beliau menyampaikan bahwa pengembangan proses pembelajaran Bahasa Arab di sekolah maupun madrasah perlu dilakukan dengan mengadaptasi teknologi. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan upaya menarik minat peserta didik. Kemudian Aris Hilmi Mubarok, M.Pd.I kepala sekolah SMP IT Al Anis mengapresiasi dan menyampaikan bahwa penyusunan aplikasi seperti ini sangat membantu dalam proses pembelajaran Bahasa Arab, dan ingin mengembangkannya di mata pelajaran yang lain.

Kegiatan berlanjut dengan presentasi oleh Dr. Abdul Ghofur, M.Ag dan Dr. Maslamah, M.Ag yang membahas mengenai perkembangan pembelajaran Bahasa Arab di masa kini. Lalu dilanjutkan oleh Muhammad Nur Kholis, M.Pd.I yang menjelaskan mengenai proses pengembangan dan isi dari aplikasi yang telah dibuat. Beliau menyampaikan bahwa pengembangan aplikasi “Al Anisiana” dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab. Pada tahap awal pengerjaan, tim melakukan observasi ke lokasi untuk menggali informasi awal yang dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan aplikasi atau yang dikenal dengan “need analysis”. Dalam kegiatan ini, tim memperoleh berbagai macam informasi mengenai kurikulum dan proses pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Al Anis. Dari data ini, tim melakukan analisis kebutuhan dan melakukan perancangan prototype aplikasi yang berisi mengenai kebutuhan-kebutahan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.

Pada tahap selanjutnya, tim melakukan proses pengembangan dan menghasilkan produk aplikasi yang berisi mengenai teks materi bahasa arab, audio, gambar, video animasi percakapan, latihan dengan menggunakan game dan evaluasi. Kemudian aplikasi ini dibingkai dalam bentuk scan barcode Sebagai wadah aplikasi untuk mempermudah dalam proses download dan install.

Setelah itu dijelaskan mengenai cara penggunaan Aplikasi Al Anisiana agar guru dan siswa dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan mudah dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.  Kemudian penutupan kegiatan dilaksanakan setelah sesi tanya jawab dan penyerahan simbiolis aplikasi kepada SMP IT Al-ANis. Setelah kegiatan ini dilaksanakan, diharapkan Guru serta Siswa dapat menggunakan aplikasi tersebut sebagai sumber belajar Bahasa Arab berbasis digital di sekolah maupun di luar sekolah. (Nug/ Humas) Foto: Kholis

 

Pengabdian Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Pengembangan Aplikasi Al Anisiana