30 May 2024

Optimalkan BLU, UIN RM Said Perkuat Kerjasama

SINAR - Perubahan dari lembaga satuan kerja (Satker) biasa menjadi lembaga Badan Layanan Umum (BLU) membuat Universitas Islam Negeri Raden Mas Said (UIN RM Said) Surakarta, harus melakukan berbagai hal. Jika sebelumnya core bussiness adalah bidang akademik, maka pada saat ini sudah berkembang bertambah bidang non-akademik. Semua hal terkait dengan core bussiness non-akademik ditangani oleh Pusat Pengembangan Bisnis (P2B). 

Bertempat di Aula Lt. 3 Gedung Rektorat UIN RM Said Surakarta di kampus Pucangan, Kamis siang (30/5/2024) berlangsung pertemuan antara UIN RM Said Surakarta dengan 51 perusahaan mitra yang telah maupun akan bekerjasama sejak tahun yang lalu. Dalam kegiatan pertemuan tersebut, seluruh mitra akan diberi sosialisasi terkait aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU). "Jika sebelumnya telah bekerjasama dengan 13 perusahaan, maka hari ini UIN Raden Mas Said akan melakukan  penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 51 perusahaan yang menjadi mitra" ujar Helmi Haris, Kepala P2B sesaat sebelum acara berlangsung. Helmi menambahkan bahwa sebagian dari 51 undangan yang hadir hari ini telah memiliki PKS dengan UIN RM Said sejak tahun kemarin. Namun demikian menurut Helmi, para perusahaan yang memiliki kesepakatan dengan UIN RM Said tetap akan memperbarui PKS karena memang pada dasarnya setiap tahun harus ada pembaruan meski jangka waktu perjanjian selama 5 tahun. "Pembaruan dari kerjasama yang telah dan sedang kita lakukan sudah sesuai dengan legal standing (payung hukum) yaitu aturan dari PPKBLU dan SK Rektor" imbuh Helmi. 

Hadir di acara tersebut Rektor UIN RM Said Surakarta, Prof. Toto Suharto yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. Raden Lukman Fauroni, serta Kepala Biro AUPK, Muhammad Lutfi Hamid. Dalam sambutannya, Rektor menyatakan bahwa sebagai BLU ada fleksibilitias dalam melakukan pengelolaan dana keuangannya sehingga tidak cukup hanya mengembangkan bisnis dalam bidang akademik saja namun juga harus mengembangan bisnis di bidang non-akademik. "Kehadiran Bapak dan Ibu mitra hari ini sebagai bagian dari terobosan mengembangkan bisnis non-akademik" lanjut Prof. Toto. Para mitra diminta support, keseriusan, dan komitmennya dalam bermitra mengembangkan bersama bisnis non-akademik ini. Usai memberikan sambutan, Rektor segera melanjutkan acara dengan menandatangani secara simbolis Nota Kesepahaman (MoU) dengan para mitra. (Tris/Humas) Foto : Mastr

Optimalkan BLU, UIN RM Said Perkuat Kerjasama