15 May 2024

Inspirasi Dari Mobil Box Untuk Tendik UIN RM Said

SINAR - Seiring telah ditetapkannya program besar Universitas Islam Negeri Raden Mas Said (UIN RM Said) Surakarta, banyak hal yang sudah baik terus dijaga agak semakin baik dan terus berbenah untuk hal-hal yang dirasa masih belum sejalan dengan pencapaian program besar tersebut. Sejak dilantiknya sebagai pimpinan, Rektor saat ini, Prof. Toto Suharto bersama seluruh jajarannya terus berupaya melakukan kerja yang maksimal demi terwujudnya cita-cita bersama.

"Ada hal yang perlu saya sampaikan kepada Bapak dan Ibu semua yang selalu terlihat bahagia" ungkap Rektor pada saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Kependidikan Non-PNS di Lobi Gedung Rektorat UIN RM Said Surakarta Kampus Pucangan. "Perlu saya ingatkan bahwa Bapak dan Ibu sekalian bukan hanya sekedar bahagia akan tetapi juga membahagiakan" sambung Rektor. "Alhamdulillah kampus kita ini telah mendapatkan akreditasi unggul. Untuk itu secara tulus kami sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Bapak dan Ibu yang telah menyumbangkan tenaga dan waktu sesuai dengan bidang kerjanya masing-masing."

"Saya kemarin secara tidak terduga mendapat inspirasi ketika berada di belakang mobil box. Di bagian belakang mobil tersebut terdapat tulisan : Cintai pekerjaanmu dan tempat kerjamu meski tidak membuatmu kaya tapi bisa menghidupimu" lanjut Prof. Toto. Menurutnya, tulisan itu sangatlah menarik untuk dipahami bersama oleh seluruh civitas akademika UIN RM Said Surakarta baik sebagai pimpinan, stake holder, dosen, staf, dan tenaga lain yang terlibat didalamnya. Dengan mencintai pekerjaan, maka apapun yang dikerjakan akan menjadi lebih menyenangkan. Sedangkan mencintai tempat kerja bisa diartikan bahwa kondisin apapun tempat kerja haruslah selalu dijaga citra baiknya. Rektor mencontohkan cara mencintai tempat kerja adalah dengan menjaga nama baik UIN RM Said ini dimanapun berada "Masing-masing kita adalah pembawa nama baik UIN ini. Jika kita selalu berbuat baik, maka secara tidak langsung nama UIN RM Said akan terjaga nama baiknya." Rektor juga mengajak seluruh peserta Peningkatan Kapasitas ini untuk mencegah tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab "mengotori" nama baik UIN RM Said misalnya mencegah dari membuat postingan status melalui medsos tentang hal yang bersifat tidak baik. "Bantulah kami untuk terus bergerak mewujudkan harapan kita semua yaitu Glokalisasi yang sesuai dengan kapasitas dan tempat kerjanya masing-masing' pungkas Prof. Toto sebelum secara resmi memberikan doa dan melepas keberangkatan peserta Peningkatan Kapasitas Tenaga Kependidikan Non-PNS.

Sementara di lokasi kegiatan di wilayah Tulung Kabupaten Klaten, kegiatan yang berlangsung sehari ini, Rabu (15/5/2024) menghadirkan Kepala Biro (Kabiro) AUPK UIN RM Said Surakarta, Drs. Muhammad Lutfi Hamid, M.Pd. Dalam pembinaan yang disampaikannya, Kabiro menekankan tentang proses dalam berkarir dimana semua harus dimulai dari yang tingkat yang paling rendah untuk bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi. Salah satu cara dalam proses berkarir di dunia kerja adalah dengan menjaga keharmonisan hubungan dengan sesama rekan kerja. "Tim yang solid akan sangat diperlukan dalam menciptakan hasil kerja yang sempurna." Lanjut Lutfi, saat ini salah satu hal yang akan membuat lembaga tempat kerja (UIN RM Said Surakarta) menjadi baik adalah dengan memberikan kinerja yang terbaik. Pada kesempatan ini juga, Kabiro memberikan informasi sekilas tentang rencana pengembangan kampus UIN RM Said Surakarta di Kabupaten Karanganyar.

Selain berbagai pembinaan yang diberikan kepada Tenaga Kependidikan Non-PNS, kegiatan ini menjadi semakin meriah dengan adanya permainan motivasi secara kelompok oleh seluruh peserta. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi, Kepegawaian, dan Hukum UIN RM Said Surakarta diharapakan mampu memberikan inspirasi dan semangat baru bagi seluruh tenaga kependiidkan non-PNS di lingkungan UIN RM Said Surakarta. (Tris/Humas) Foto : Mastr/Endang/Istimewa

Inspirasi Dari Mobil Box Untuk Tendik UIN RM Said