31 October 2023

FGD Pembangunan Gedung UIN RM Said, Begini Arahan Rektor

SINAR - Universitas Islam Negeri Raden Mas Said (UIN RM Said) Surakarta terus berbenah dalam segala hal, salah satunya adalah melakukan pembangunan sarana fisik berupa gedung. Pada tahun 2024, UIN RM Said kembali mendapat kepercayaan dari negara berupa pembangunan Gedung Perpustakaan dan Laboratorium di kampus Pakis Klaten Jawa Tengah melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Focus Group Discussion (FGD) Pembangunan Perpustakaan dan Laboratorium UIN RM Said Surakarta yang diadakan di Hotel Aston Solo pada Selasa (31/10/2023) hadir Rektor UIN RM Surakarta Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Ag. bersama Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan Keuangan dan Kepegawaian (AUPKK) Muhammad Lutfi Hamid, S.Ag., M.Pd. Kegiatan yang diikuti oleh para stake holder yang menangani perihal pengadaan bangunan tersebut, mendatangkan beberapa nara sumber antara lain dari konsultan dan anggota tim akreditasi perpustakaan.

Pada FGD tersebut, Prof. Toto memberikan beberapa arahan kepada Panitia yang terlibat dalam Pembangunan gadung ini. Prof. Toto mengingatkan bahwa kepercayaan yang diberikan kepada UIN RM Said melalui SBSN ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya terutama bisa selesai tepat waktu sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo bahwa semua pembangunan harus selesai maksimal bulan September 2024. dengan latar belakang pernah mengikuti dan lulus dalam Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa, Prof. Toto juga meminta agar semua sesuai dengan proses (prosedur) pengadaan yang ada. Bangunan yang dibuat harus sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yang dalam hal ini konstruksi bangunan harus nyambung dan sesuai dengan peruntukannya. Rencana bangunan 6 lantai, tambahnya, harus memadai aksesibilitas dan aksebilitasnya. Untuk itu harus sesuai dengan arahan dari badan akreditasi yang terkait. Arahan selanjutnya adalah terkait keberlangsungan ketika sudah bisa membangun. " Akses pemeliharan harus mudah. Jangan sampai bisa bangun tapi nggak bisa memelihara " tegas Prof. Toto. Rektor juga berharap agar kelak UIN RM Said Surakarta bisa memperoleh lagi kepercayaan melalui skema SBSN yang multi years. (Tris/humas) Foto: Zaenudiin

FGD Pembangunan Gedung UIN RM Said, Begini Arahan Rektor