22 May 2024

Mantapkan Kurikulum OBE: UIN Raden Mas Said Surakarta Belajar Langsung ke UNAIR Surabaya

SINAR- Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan melakukan kegiatan benchmarking terhadap Kurikulum Outcome-Based Education (OBE). Dalam upaya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas kurikulum, UIN Raden Mas Said Surakarta menjalankan kegiatan ini sebagai langkah awal dalam proses redesain kurikulum.

Benchmarking ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 dari UIN Raden Mas Said Surakarta, Para dekan dan wakil dekan 1 serta Tim Persiapan Kurikulum UIN Raden Mas Said Surakarta. Hadir sebagai pihak tuan rumah dari UNAIR, Wakil Rektor Bidang Akademik, kemahasiswaan dan Alumni - Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, DEA, DVM, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi dan Informasi- Prof. Muhammad Miftahussurur, dr., M.Kes., Sp.PD-KGEH., Ph.D., FINASIM, sejumlah dekan serta sekretaris Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan UNAIR. 

Tujuan utama dari kunjungan benchmarking ini adalah untuk mendapatkan informasi yang komprehensif sebagai bahan dasar dalam proses redesain kurikulum di UIN Raden Mas Said Surakarta. Dengan memanfaatkan pengalaman dan praktek terbaik dari lembaga-lembaga pendidikan lainnya, diharapkan UIN Raden Mas Said Surakarta dapat menghasilkan kurikulum yang lebih adaptif, relevan, dan berorientasi pada pencapaian hasil belajar yang jelas dan terukur. Dalam pertemuan ini, perwakilan dari UIN Raden Mas Said Surakarta memiliki kesempatan untuk berdialog langsung dengan para ahli dan praktisi pendidikan dari UNAIR, serta berbagi pengalaman dan pembelajaran bersama terkait implementasi kurikulum OBE. Diskusi yang intensif dan kolaboratif antara kedua belah pihak diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam dan perspektif yang beragam dalam penyempurnaan kurikulum. 

Fokus utama dalam kunjungan ini adalah pada kurikulum Outcome-Based Education (OBE), yang dikenal dengan pendekatan yang berpusat pada pencapaian hasil belajar yang terukur dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Dengan mengadopsi pendekatan ini, UIN Raden Mas Said Surakarta berharap dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga memiliki keterampilan dan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja saat ini. Kegiatan benchmarking ini merupakan salah satu langkah strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di UIN Raden Mas Said Surakarta, serta sebagai wujud komitmen untuk terus beradaptasi dengan perkembangan dan tantangan zaman. Melalui kolaborasi dan pertukaran pengalaman dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya, diharapkan UIN Raden Mas Said Surakarta dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan di Indonesia. (Humas/WID_Aka) Foto: WID_Aka

Mantapkan Kurikulum OBE: UIN Raden Mas Said Surakarta Belajar Langsung ke UNAIR Surabaya