22 May 2024

Kemenag RI Punya SIMDUMAS, UIN Surakarta Punya SILADA, Bedanya Apa?

SINAR- Setelah Kementerian Agama RI merilis aplikasi SIMDUMAS sebagai Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat, hari ini, Rabu (22/05/2024) di Ruang Senat Lantai 1, Gedung Rektorat UIN Raden Mas Said Surakarta, SPI atau yang di kenal sebagai atuan Pengawas Internal-nya milik UIN Surakarta merilis SILADA (Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat). Pun-sama dengan SIMDUMAS milik Kementerian Agama RI, kini masyarakat dapat melapor atau memberi masukan kepada UIN Surakarta perihal sesuatu yang menyimpang. Layanan tersebut dapat dilaporkan secara online melalui link https://spi.uinsaid.ac.id/silada/.

  

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Surakarta yang berkesempatan secara langsung membuka dan meresmikan aplikasi SILADA dihadapan seluruh pejabat kampus UIN Surakarta. Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Ag selaku Rektor juga menyatakan bahwa kegiatan ini adalah langkah awal yang akan menjadikan SPI lebih optimal kedepannya nanti. Prof. Toto juga berterima kasih kepada Insprektorat Jenderal (Irjen), karena selama 12 hari ini telah melakukan pendampingan kepada UIN Surakarta. Prof. Toto menutup dengan pesan, "SPI kuat UIN Raden Mas Said Surakarta Hebat".

Setelah sambutan yang dipaparkan oleh Khairul Imam S.H.I., M.S.I tentang kegiatan yang telah dilakukan oleh Irjen selama 12 hari ini. Audit Kepatuhan, Audit Kinerja, Audit BLU, Laporan Keuangan, Review RKA K/L, Review SAKIP, Review LAKIP, dll. Dilanjutkan dengan pemaparan Akhmad Hariyanto selaku Ketua TIM dari Irjen.Beliau menyampaikan bahwasannya untuk melakukan penguatan kapabilitas SPI terdiri dari tiga aspek diantaranya yakni kelembagaan, pengelolaan Sumber Daya Manusia dan kualitas pengawasan. Terdapat beberapa catatan hasil pendampingan atas implementasi kapabilitas Satuan Pengawasan Internal yang beliau sampaikan diantaranya yakni 12 (dua belas) dari 13 (tiga belas) target dokumen output telah selesai disusun dan ditetapkan oleh pejabat berwenang, sedangkan 1 (satu) dokumen output telah selesai disusun dan pada tahap penelaahan sebelum ditetapkan dan berlaku bagi seluruh civitas akademik UIN Raden Mas Said Surakarta.

Acara ditutup dengan penandatanganan secara simbolis Kendali Mutu SPI UIN Raden Mas Said Surakarta bagian. Serta diakhiri dengan rilis SILADA (Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat) yang disaksikan langsung dengan para pimpinan UIN UIN Raden Mas Said Surakarta.

Kemenag RI Punya SIMDUMAS, UIN Surakarta Punya SILADA, Bedanya Apa?